Rahasia Anak Cerdas, Begini Cara Melatih Otak Kanan Anak

Fungsi otak kanan pada manusia

Melatih otak kanan anak – Otak kanan merupakan bagian otak yang memiliki fungsi khusus dan istimewa. Dimana otak kanan ini merupakan otak yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan hidup kita. Selama ini semua orang sering menganggap enteng otak kanan dibandingkan dengan otak kiri, padahal bila kita telusuri lebih lanjut sebenarnya otak kanan sangatlah penting bagi manusia karena berperan dalam ide dan kreatifitas otak. fungsi otak, ciri-ciri otak bisnis

Otak kanan memiliki fungsi mengendalikan otot-otot di bagian tubuh kiri, sementara belahan kiri mengontrol otot di bagian kanan tubuh. Bagian otak kanan juga membantu kita membayangkan visual secara lengkap dan mendapat alasan yang tepat pada apa yang kita lihat. Otak ini juga berperan dalam bahasa, terutama mengartikan konteks dan nada suara seseorang. Ciri-ciri otak kanan adalah motorik kiri, tak terencana, impulsif, kualitatif, spesial, emosional terkait, EQ, imajinatif, artistik, aktif, intuatif, holistik, difus, visual, implisit, paralel, lateral, interpersonal, dan lain-lain.

Tips dan cara tepat untuk melatih otak kanan anak

Berikut ini tips dan cara melatih otak kanan anak agar lebih kreatif dan inofatif :

1. Specific Crawl

Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru.

2. Specific Posturing

Cara ini dilakukan dengan Bertumpu di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut. Posisi ini berfungsi untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus.

3. Specific Relaxing

Tips ini dikhususkan untuk anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

4. Rotated Reading

Cara ini cukup mudah, hanya dengan membalikkan sebuah tulisan (atas ke bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskanlah kebiasaan baru ini selama 2 menit setiap hari.

5. Eight Game

Langkah ini adalah dengan melakukan sesuatu yang disebut eight game, yaitu dengan cara berpura-pura menuliskan angka delapan, tetapi dengan posisi vertikal/tidur dengan tangan kiri dan tangan kanan sekaligus di udara secaa bersamaan. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan.

melatih otak kanan anak, anak cerdas bisnis

6. Pattern Game

Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah.Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. Cobalah permainan ini selama dua menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut.

7. Thumb Game

Yaitu dengan cara acungkanlah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, sambil menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. Cobalah dan teruskanlah permainan ini bersama anak anda setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

8. Left Handed Handling

left handed handling yaitu dengan Memegang gagang pintu dan membuka pintu dengan tangan kiri.

9. Left Handed Writing

Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana pada hari ke-3 Anda dapat menulisnya dengan sangat mudah.

10. Left Handed Bushing

Buatlah tanda tangan Anda dengan tangan kiri di atas sehelai kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Niscaya Anda akan menemukan keajaiban, di mana 2 dari 10 tanda tangan tersebut menyerupai bentuk aslinya.

Demikian cara-cara simple melatih otak kanan anak di rumah. Silahkan kunjungi artikel kami berikutnya.

Baca Juga