cara bijak orang tua mengontrol menu makanan sehat untuk anak

menu makanan sehat anak,makanan anak anak,gizi seimbang

memilih menu makanan sehat untuk anak super aktif

upaya memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya mengatur waktu makan setiap hari,mengontrol selera makan,memilih menu makanan sehat untuk anak.
Selain itu setiap orang tua juga harus membiasakan dan menentukan pola makan beserta jumlahnya terhadap anak mereka. lalu bagaimana orang tua mampu menjaga kebiasaan makanan anak secara sehat, serta terhindar dari kebiasaan makanan yang tidak sehat?.
berikut ini adalah beberapa tips yang layak dipraktekkan para orang tua khususnya para bunda, demi menjaga nutrisi dan gizi anak. jenis makanan sehat untuk anak bisnis

  • Menyimpan dan memperlihatkan makanan yang tidak sehat dirumah

salah satu masalah anak kecanduan makanan yang tidak sehat adalah karena anak tahu jika orang tua menyimpan jajanan/junk food di rumah. Hal ini akan membuat si anak akan selalu merengek meminta makanan tersebut. Sebaiknya, orang tua menyimpan makanan yang sehat seperti buah, susu sehingga anak hanya akan mendapatkan makanan yang sehat dan bernutrisi.

Dengan menyimpan makanan yang tidak sehat, sama halnya dengan memperbolehkan anak memakan apa saja yang dia inginkan, padahal belum tentu makanan itu baik untuknya. jika orang tua ingin mengkonsusi makanan jenis junk food, sebaiknya anak tidak perlu melihat atau mengetahuinya.
Hal ini demi kebaikan mereka sendiri, bukan dalam rangka bersikap pelit kepada mereka.

  • Jelaskan sentang manfaat makanan sehat untuk anak

Penting bagi orang tua untuk selalu memberikan penjelasan tentang apa makanan sehat itu. menjelaskan manfaat makanan sehat juga bisa memacu anak-anak untuk dapat menyadari akan makanan yang mereka makan. Kaidah pertama yang harus disadari oleh smua adalah makanan sehat tidak harus mahal, dan makanan mahal belum tentu sehat.
makanan sehat tersebut terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran,ikan,daging,susu dalam porsi yang tepat. kecenderungan anak untuk tertarik kepada makanan di luar rumah juga perlu dijelaskan, agar mereka tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Yakinkan pula pada anak bahwa apa yang dimakan teman-temannya, baik saat disekolah maupun saat bermain belum tentu baik dan layak ditiru. dengan ini diharapkan anak tidak sembarangan membeli jajan, disamping juga dapat belajar hidup berhemat.

  • Jangan memberikan mereka hadiah berupa makanan

Kebanyakan orang tua sekarang memberikan hadiah berupa makanan kesenangan mereka, terutama makanan yang enak dan mahal. Padahal perilaku tersebut justru akan berdampak jangka buat mereka.
Anak-anak akan menganggap makanan yang enak dan mahal adalah segala-galanya, sehingga dalam pikirannya hanya makanan saja yang mereka ingat. Kebiasaan memberikan hadiah berupa makanan kepada anak akan merusak kebiasaan makan makanan yang sehat, bahkan bisa membuat mereka tak terkontrol. untuk itu ajarilah anak-anak hal-hal lain yang menyenangkan mereka seperti piknik dan kegiatan edukatif, bukan melulu harus ditraktir dengan makanan spesial.
makanan yang spesial hanya jika di dalamnya terdapat nutrisi yang baik.

  • Jangan menyerah ketika anak protes

Namanya juga anak-anak, mereka selalu menyukai kegiatan terutama makan. Untuk itu setiap orang tua harus selektif untuk memberikan makanan kepada anak. Tidak semua makanan mesti diberikan kepada anak. Dengan memberikan makanan yang disukai kepada anak belum tentu baik, karena anak masih belum mengerti apa saja menu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Kebanyakan ibu menyerah kepada anak ketika mereka protes dan merengek meminta makanan yang dia mau, padahal belum tentu makanan tersebut baik.
Setiap orang tua hendaknya memadukan dengan baik antara ketegasan dan kasih sayang serta menjelaskan kepada anak dampak dari makanan tersebut dengan bijak.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan makan sehat & konsumsi gisi seimbang pada anak. Diharapkan setelah para orang tua sadar dan mengetahui tips ringkas dalam mengontrol makanan sehat untuk anak ini akan tercipta dalam keluarga budaya yang sehat pula.

menu makanan sehat anak,makanan anak anak

 

Baca Juga