CARA MENCERDASKAN ANAK DENGAN GIZI SEIMBANG DISAAT BALITA

cara mencerdaskan anak

Pengaruh tingkat kecerdasan anak dengan gizi seimbang

Cara membuat Anak pintar dan cerdas tidak lahir begitu saja, melainkan terbentuk melalui proses pola pengasuhan dan pendidikan yang dimulai sejak dini. Selain itu Banyak faktor penting yang berperan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama faktor gizi seimbang sebagai faktor penentu bagi kecerdasan anak. untuk itu, gizi anak balita perlu mendapatkan perhatian khusus setiap orang tua, hal ini dikarenakan di saat balita anak memerlukan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Jika balita tidak mendapatkan gizi yang cukup maka dapat menimbulkan gizi buruk pada balita tersebut, hal ini sangat merugikan khususnya bagi setiap orang tua.

Gizi seimbang pada balita dan kebutuhan gizi anak

Gizi seimbang pada balita dan kebutuhan gizi anak bisnisperkembangan otak anak terjadi secara cepat saat usia 0 hari sampai usia sekitar 3 atau 4 tahun setelah anak lahir. sel-sel otaknya tumbuh dari jutaan menjadi milyaran sel di periode ini. Dan setelah usia anak mencapai 4 sampai 5 tahun, perkembangan sel-sel otak si buah hati akan berjalan secara melambat, khusunya saat anak mulai memasuki awal sekolah. Namun demikian, bukan berarti kebutuhan akan gizi juga melambat, berbalik dengan perkembangan otak di masa awal pertumbuhan, kebutuhan gizi seimbang pada balita tetaplah tinggi.

Yang menjadi catatan ibu disini adalah bahwa perkembangan otak si kecil berjalan sesuai dengan usia tumbuh kembang dan ditentukan oleh kualitas nutrisi anak yang diberikan. Karena itu pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang akan memperbanyak sel-sel otak yang tumbuh sehingga dapat meningkatkan kecerdaan dan fungsi kreativitas anak dan balita tersebut.

jenis-jenis pemberian nutrisi sesuai kebutuhan gizi seimbang anak

Orang tua Khususnya ibu, harus bisa mengarahkan pola makan sikecil agar nutrisinya tercukupi dan gizinya seimbang. Karena si kecil belum bisa menentukan sendiri makanan dan nutrisi apa saja yang mesti dikonsumsi untuk kebaikan dirinya sendiri. Diperlukan orang lain yang mengarahkannya dan itu adalah orang tuanya, atau pengasuhnya.

pemberian asi eksklusif

pemberian gizi seimbang dengan asi eksklusif pada bayi bisnis

Dari sekian nutrisi yang penting bagi anak, asi esklusif adalah syarat mutlak untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk paraibu menyusui pemberian asi asi eksklusif pada bayi menurut badan kesehatan dunia atau WHO adalah minimal 6 bulan. Dan kemudian dapat dikombinasi dengan asi non asi eksklusif dan makanan-makanan untuk bayi. Pada penelitian di denmark dr.lukas (1993) terhadap 300 bayi prematur mendapat asi esklusif mumpunyai rata-rata IQ 8,3 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asi asi eksklusif.

Untuk para bunda yang sedang menyusui sebaiknya mengetahui jenis jenis makanan untuk memperbanyak asi guna menunjang pertumbuhan si buah hati. Selain itu bagi ibu yang sedang menyusui juga harus memperhatikan menu ibu menyusuiI untuk menunjang kelancaran asi agar asi yang dihasilkan dapat maksimal. Sebagian ibu mungkin tidak mengetahui tentang cara memperbanyak asi, bahwa sesungguhnya dengan sesering mungkin menyusui maka produksi asi secara otomatis akan melimpah. Atau dengan makanan untuk memperbanyak asi dengan mengkonsumsi sayuran seperti daun katuk, daun papaya, sawi dan beberapa jenis sayuran yang lainnya.

kontrol makanan sehat untuk anak bayi

kontrol makanan sehat untuk anak bayi bisnis

Hari ke 1
Nasi ditambah evo (extra virgin oil) untuk pagi hari. Dan buah naga untuk sore hari
Hari ke 2
Buah alpukat untuk pagi hari dan tempe yang di campur evo untuk sore hari
Hari ke 3
Lele yang dikukus dan bayam dengan santan segar tanpa pemanasan untuk sore hari
Hari ke 4
Jagung yang dikukus dicampur evo dan semangka untuk sore hari
Hari ke 5
Wortel untuk pagi hari dan buah pir untuk sore hari
Hari ke 6
Tahu dan santan segar dan pisang
Hari ke 7
Kentang/daging sapi untuk pagi dan jeruk baby untuk sore hari
Hari ke 8
Kuning telur dicampur extra virgin oil dan papaya
Hari ke 9
Ati ayam, kacang hijau dan santan segar untuk seore hari
Hari ke 10
Ubi ungu dan buah apel dan lain-lain.

Jenis makanan sehat untuk anak khususnya bayi umur 6 bulan tersebut dapat membuat anak menyukai menu-menu apa saja yang kita sajikan kelak. Hal ini dikarenakan anak sudah terlatih di awal makan dengan menu-menu tanpa penyedap rasa seperti contoh diatas. Anak dangan gizi seimbang akan memiliki daya tangkap dan kecerdasan maksimal.

Baca Juga