Strategi memasarkan usaha makanan rumahan yang wajib dicoba

cara memasarkan usaha makanan rumahan atau katering atau kuliner yang efektif unik dan optimal untuk bisnis rumahan merupakan usaha yang paling

tepat bagi para pemula yang ingin terjun memulai usaha dengan modal kecil. Selain bisa dijalankan di rumah, tanpa meninggalkan tugas utama bersama keluarga, bisnis rumahan juga bisa dijadikan mata pencaharian untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Tetapi pada kesempatan kali ini liputanusaha com tidak akan membahas masalah strategi bisnis rumahan secara umum tapi akan lebih spesifik lagi mengenai strategi memasarkan usaha makanan rumahan yang dapat meningkatkan penjualan produk makanan kita.

Peluang bisnis dengan strategi memasarkan usaha makanan rumahan yang sesuai dengan kondisi saat ini peluang bisnis makanan rumahan bisnis

Salah satu peluang bisnis yang menarik dan dapat kita jadikan pilihan utama saat kita masih sebagai pemula di dunia bisnis adalah dengan membuka usaha makanan rumahan.

Bisnis ini terlihat mudah jika kita bayangkan, tetapi pada kenyataanya bisnis ini tak semudah dengan apa yang kita bayangkan. Hal ini disebabkan karena sebelum kita membuka usaha tersebut, ternyata sudah banyak pelaku bisnis lain yang sudah terlebih dahulu memulai usaha yang sama.

Untuk itu kita tidak perlu khawatir, bila anda ingin memulai bisnis ini, mungkin beberapa strategi sukses untuk memasarkan usaha makanan rumahan yang akan kita bahas di artikel ini bisa menginspirasi anda dan dapat dijadikan pilihan alternatif jitu untuk meraih sukses.

Berikut ini tips sukses dengan mengandalkan strategi memasarkan usaha makanan rumahan menurut liputanusaha.com :

1. Pemberian nama unik pada setiap produk makanan yang kita produksi

Hal ini penting, dikarenakan pembeli akan mengenali produk kita dengan namanya bukan mengenali produk kita dari siapa pembuatnya.

Untuk itu buatlah nama yang seunik mungkin dan berbeda dari yang lain agar dapat menggugah selera makan calon pembeli, Selain itu produk kita akan mudah dikenali oleh masyarakat umum.

2. Buat Kemasan semenarik mungkin

kemasan makanan rapi simple bisnis

Dalam membeli sebuah produk, entah itu produk makanan, minuman, dan parfum, kamu pasti melihat dari kemasannya dulu. Dengan kemasan yang terlihat unik dan kreatif akan mengundang rasa ingin membeli produk tersebut.

Selain itu Membuat kemasan yang unik dan menarik pada produk makanan rumahan yang kita produksi secara tidak langsung dapat membuat para pembeli terkesan akan produk kita. Dan hal ini dapat mempengaruhi omzet usaha produksi makanan rumahan kita.

3. Mengikuti bazar – bazar yang diadakan di sekitar kita

Dengan mengikuti bazaar kita sudah mendapat keuntungan yaitu tidak perlu mempromosikan tentang usaha kita untuk mendapatkan customer.

Untuk mempromosikan barang kita dibazar yang digelar terlebih dahulu kita mengenali dengan baik konsep bazar yang diadakan.

Setelah itu kita siapkan konsep promosi produk dengan matang Misalnya dengan memasang benner, katalog produk dan lain-lain. Dengan demikian promosi lewat bazar-bazar yang digelar dapat memaksimalkan promosi produk kita.

4. Memanfaatkan media online memasarkan makanan melalui media sosial bisnis

Strategi ini adalah strategi yang sangat mudah kita jalankan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal. biasanya dilakukan dengan cara mengandalkan situs – situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Tumblr dan lain-lain.

 

Saat anda memasuki di pemasaran produk melalui online, sebaiknya anda lebih aktif mengikuti perkembangan produk anda yang dipajang di media sosial tersebut. Pastikan anda ramah terhadap calon pembeli, tanggapi setiap pertanyaan yang muncul, sering update produk/posting produk,

ikuti group-group yang membahas soal makanan, dan jika diperlukan pasang benner di media sosial tersebut, walaupun pemasangan benner di media sosial memerlukan biaya tambahan.

Selain itu jika produk anda semakin banyak macamnya disarankan membuat website sendiri mengenai ulasan seputar usaha dan produk anda.

5. Memanfaatkan jasa pengiriman (Delivery Order) delivery order, jasa layanan antar barang bisnis

Dengan menerapkan sistem Layanan pesan antar atau delivery order maka konsumen pun akan lebih di mudahkan untuk membeli produk kita, cukup dengan sms, telepon, inbox misalnya maka pesanan bisa di kirimkan ke alamat tujuan.

 

Layanan seperti ini lah yang saat ini sangat di cari oleh para masyarakat yang kegiatan sehari-harinya terlalu padat. Dan tentu saja hal ini bisa meningkatkan omset bisnis kita.

6. Memberikan inovasi baru pada produk makanan yang kita jual

membuat inovasi baru tentang menu produk makanan rumahan yang kita produksi memerlukan kreatifitas tinggi setiap pelaku bisnis ini. Untuk menciptakan kreasi baru dan inovasi baru ini kita hanya perlu melakukan beberapa uji coba sampai menemukan kreasi menu – menu yang sesuai dengan keinginan kita.

Kreasi tersebut bisa berupa bentuk menu yang ditawarkan, bentuk pengemasan, bentuk tempat penyajian dan lain-lain. Hal ini diharapkan agar para pelanggan yang membeli produk kita tidak akan merasa jenuh karena menu-menu yang ditawarkan selalu ganti dengan model yang selalu menarik untuk waktu-waktu tertentu.

Baca juga : simulasi peluang usaha membuka toko pakaian

7. Pemberian discount pada saat event – event tertentu

Selain memberikan harga murah yang tidak terlalu menguras kantong para calon pembeli, sebaiknya berikan discount-discount pada event – event tertentu, misalnya saat grand opening, liburan sekolah, ulang tahun perusahaan, saat tahun baru, saat bazar diselenggarakan dan lain-lain.

Selain itu buatlah paket – paket harga untuk setiap produk yang kamu tawarkan. Hal ini akan lebih menarik para calon pembeli.

Baca juga : peluang usaha online dengan modal kecil

Itulah 7 strategi untuk memasarkan usaha makanan rumahan yang efektif saat ini. Diharapkan dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah dalam bidang pemasaran produk anda.

Untuk artikel tentang peluang – peluang usaha yang lain dapat mengunjungi artikel kami berikutnya.

salam sukses ….!!!

Baca Juga