Memilih Tips dan Cara yang Tepat Mengatasi Anak Nakal dan Keras kepala

Anak merupakan anugerah terindah yang dimiliki oleh setiap keluarga. Dengan kehadiran anak di setiap keluarga akan akan membawa kebahagian tersendiri. Akan tetapi gimana kalau anak tersebut mempunyai sifat nakal, bandel, tidak patuh, susah diatur?
pastinya orang tua akan merasa kebingungan untuk Mengatasi Anak Nakal dan Keras kepala yang super tersebut. Untuk itu untuk menghadapi anak yang memiliki sifat yang seperti itu, hendaknya tugas kita sebagai orang tua adalah harus mampu memilih cara-cara yang tepat dalam mengatasi kenakalan anak tersebut. Diperlukan kesabaran dan usaha extra untuk terus mangajarkan dan mendidik mereka agar menjadi anak yang penurut dan patuh terhadap orang tuanya.

Banyak orang tua saat ini tidak sabar dalam menghadapi dan mengendalikan kenakalan anak, mereka cenderung melakukan kekerasan sebagai solusi untuk mengontrol anak tersebut. lantas benarkah cara-cara tersebut dianggap cara terbaik guna mengendalikan kenakalan anak? tentu jawabannya tidak.

Sikap orang tua untuk Mengatasi Anak Nakal dan Keras kepala

Mengatasi anak yang nakal dan bandel serta susah diatur tersebut tidak dapat diatasi dengan perlakuan yang keras dan kasar atau dipaksa agar menghentikan kekonyolan dan kebandelannya. Orang tua dalam hal ini perlu bersikap lemah lembut, ramah dan bersabar serta mengerti persoalan dan memahami hati si anak, sehingga kemarahan anak akan berkurang serta rasa permusuhan yang tumbuh di dalam hati si anak akan menipis.

Mengatasi Anak Nakal dan Keras kepala bisnis

Lantas bagaimana cara ampuh untuk Mendidik Anak Nakal dan Keras kepala agar menjadi baik tersebut ?

berikut ini adalah beberapa cara ampuh sebagai orang tua untuk  Mengatasi Anak Nakal dan Keras kepala :

1. Jangan terlalu memanjakan anak

Dengan memanjakan anak sejak dini akan berpengaruh buruk pada perkembangan perilaku anak. Mereka akan terbiasa menggantungkan sesuatu hal kepada orang tuannya, dan jika tidak terpenuhi keinginannya maka mereka akan mencari jalan pintas dengan menunjukkan sikap membangkang pada orang tuannya. Untuk itu jab\nganlah terlalu memanjakan anak tetapi perlakukan dia seperti biasa dan latihlah anak tersebut dengan pola hidup mandiri. Karena dengan pola hidup mandiri anak akan lebih jarang menggantungkan sesuatu kepada orang tuanya.

2. Memberi contoh yang baik kepada anak

Ketika dalam masa pertumbuhan anak akan cenderung menirukan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuannya dan juga orang-orang disekitar mereka. Pada masa ini anak mempunyai memori yang tajam untuk menyimpan segala sesuatu dalam otaknya, dan mereka lebih suka menyimpan contoh perilaku-perilaku yang ditunjukkan oleh orang sekitarnya dan mulai menirukannya. Untuk itu diharapkan setiap orang tua harus bisa berperilaku sebaik mungkin dihadapan si anak, jauhkan mereka dari orang-orang yang mempunyai perilaku yang buruk.

3. Jadilah Orangtua yang Konsisten

Hindarilah memberikan toleransi kepada anak jika mereka telah melanggar peraturan yang dibuat untuk si anak. Dengan memberikan toleransi-toleransi kepada anak yang telah melanggar peraturan maka dapat membuat anak merasa leluasa melanggar semua peraturan yang telah dibuat. Dengan ketegasan dan sifat konsisten pada orang tua akan membuat anak segan untuk melanggar peraturan yang dibuat karena ada sanksi yang harus mereka tanggung.

4. Jangan memberikan label dan sebutan buruk kepada anakmendidik anak nakal dan bandel bisnis

Janganlah sekali-kali para orang tua menyebut anaknya “kamu anak yang nakal, bandel, susah diatur” saat dia nakal atau bandel. Justru pemberian label itu akan menjadikan anak semakin nakal, dia beranggapan bahwa sifat nakal yang dimiliki adalah karakternya, sehingga akan menyusahkan anda sebagai orang tua untuk mendidiknya.

5. Lakukan pendekatan kepada anak 

Ketika anak menunjukkan sifak kenakalannya dan kebandelannya sebaiknya jangan hadapi mereka dengan emosional dan rasa amarah. Sebab cara itu tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada, justru anak akan semakin nakal dan bandel, dan anda pula yang nantinya kerepotan.

6. Mendidik anak secara Agama

Pondasikanlah setiap anak dengan landasan agama. Hal ini dikarenakan agama merupakan pondasi yang paling ampuh untuk mengontrol sifat-sifat buruk pada anak. Dan berikan mereka pendidikan agama sejak dini, diharapkan kelak mereka akan mempunyai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Demikianlah tips dan cara Mengatasi Anak Nakal dan Keras kepala untuk dijadikan referensi setiap orang tua untuk mendidik anak mereka. Memang benar, dalam cara mendidik anak nakal menjadi baik tidaklah semudah yang kita bayangkan. Tetapi tidak ada salahnya setiap orang tua mencoba cara mendidik anak nakal tersebut diatas agar secara perlahan-lahan dapat mengontrol kenakalan dan kebandelan si anak.

untuk artikel yang lain silahkan kunjungi artikel kami selanjutnya tentang dunia adalah sarana untuk membuktikan kualitas diri seseorang.

Baca Juga