Tahukah Anda Posisi Tidur ini bisa Menyebabkan Kematian

Sahabat, posisi tidur yang bagaimanakah yang kalian suka dan paling nyaman? Telentang, miring ke kiri, miring kekanan, ataukah tengkurap? Bisa jadi kita semua pernah tidur dengan posisi tersebut ya.
Tapi hati-hati ya sahabat, mulai sekarang perbaiki cara tidur dengan posisi yang benar ya. Jangan sampai hanya karena salah dalam posisi tidur bisa mengakibatkan kesalahan fatal yang dapat merugikan kita sendiri.

Pada tahun 1990 an penelitian di Inggris meneliti ada 72 kematian anak, 67 diantaranya meninggal bukan karena penyakit, melainkan meninggal karena dipicu posisi tidur tengkurap. Pakaian yang terlalu ketat dan peningkatan temperatur lingukungan saat tidur juga merupakan salah satu penyebabnya.
Hasil penelitian dari University of Chicago juga menunjukkan tidur dengan posisi tengkurap lebih besar menyebabkan resiko kematian daripada orang yang menderita epilepsi.

Dalam ilmu sains juga menjelaskan, saat seseorang tidur tengkurap, dada dan perut tertekan sehingga menghalangi pernafasan, posisi jantung terhimpit sehingga aliran darah terganggu dan kinerja otak pun ikut terganggu.

Tidur tengkurap pun juga ditegaskan dalam ajaran agama islam yaitu diceritakan Sahabat Nabi pernah tidur tengkurap di Masjid Nabawi akibat begadang. Di waktu sahur, Rosullulloh menggerak-gerakkannya dengan kaki seraya bersabda :

” Sesungguhnya ini adalah cara tidur yang dibenci oleh Allah SWT ”
( HR. Ibnu Majah dan Abu Daud )

posisi tidurJadi sudah jelaskan sahabat, bahwa tidur dengan posisi tengkurap bisa menyebabkan kematian. Apalagi pada posisi tidur ibu hamil yang sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan. Sangat sepele, tapi berbahaya ya sahabat. Tidur dengan posisi miring ke kanan selain disunnahkan bermanfaat, posisi ini juga untuk menjaga kesehatan kita lho. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan posisi tidur ibu hamil yang lebih disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Pada orang biasa Posisi tidur yang baik adalah dengan posisi miring ke kanan yang dapat memperlancar pernafasan kita karena pada posisi ini, letak jantung, paru-paru dan lambung kita tidak mendapatkan tekanan sama sekali dibanding kita tidur pada posisi miring ke kiri dan bahkan tengkurap.

Baca juga : mengartikan mimpi dalam tidur kita

Sesekali boleh kok sahabat kita tidur dengan miring ke kiri atau tengkurap, tapi jangan lama-lama ya. Nah biasakan lah mulai sekarang dengan tidur yang baik dengan posisi yang benar dan aman ya sahabat. Dengan memperhatikan cara tidur yang baik.

Selamat tidur dengan nenyak dan mimpi indah.